Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

GEBLEK Kulon Progo.. Hmm Crispy… 2 Juni 2011

Posted by MazPed in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Geblek merupakan makanan kecil (snack) khas dari kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta..

Bahan baku dari Geblek berasal dari tepung tapioka atau tepung kanji. Hanya saja tepung tapioka yang digunakan untuk membuat Geblek adalah tepung tapioka yang basah.

Untuk membuat geblek yang baik dan enak mula-mula tepung tapioka basah dikukus namun tidak sampai matang. Setelah itu tepung tapioka yang memadat itu dipilin ( diplintir/digilas sambil dibumbui garam ). Kemudian adonan yang sudah berbumbu garam ini dikukus lagi selama kurang lebih 10 menit. Adonan yang telah dipilin dan dibumbui garam serta dikukus ini lalu ditiriskan sebentar. Adonan tersebut kemudian dibumbui dengan bawang putih yang telah dilumatkan. Adonan setengah matang ini kemudian dibentuk bulat-bulat dan digandengkan masing-masing terdiri atas dua bulatan sehingga membentuk huruf 8. Adonan yang demikian ini sudah siap untuk digoreng dan disajikan.

Penampakan geblek vs tempe benguk made in KPDJ Pedrosa, Salsa, Gethuk, Nongkrong cs di Markas Pedrosa Tangerang. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Geblek lebih maknyuss bila disantap dalam keadaan hangat. Artinya, begitu selesai digoreng sebaiknya segera disantap.

Dalam kondisi hangat atau sehabis digoreng geblek akan terasa garing di bagian luar namun lembek dan sedikit kenyal di bagian dalam. Geblek yang baik adalah geblek yang tidak keras sehabis digoreng. Selain itu, geblek yang baik apabila digoreng akan terasa sedikit berongga di bagian dalamnya sehingga lebih memberikan kesan lunak atau empuk. Geblek yang baik juga berwarna putih sekalipun tanpa pewarna. Geblek yang baik juga berasa gurih karena perpaduan rasa dari garam, bawang, dan adonan tepung tapioca itu sendiri. Penambahan perasa lain (misalnya vetsin atau bumbu masak) akan merusak rasa asli dari geblek.

Umumnya geblek disantap bersama besengek / tempe benguk yang juga menjadi salah satu makanan khas Kabupaten Kulon Progo. Keduanya disantap dalam kondisi hangat dengan ditemani teh hangat pula. Perpaduan ketiganya menimbulkan sensasi rasa di mulut yang cukup menggoda. Gurih, krispi bercampur kiyel-kiyel. Semua ini bisa Anda Dapatkan di Kulon Progo Binangun, Yogyakarta!!

Semoga dapat menambah pengetahuan kita. Salam Heroe Pedrosa…

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. lekdjie - 3 Desember 2012

pertamax yes!

2. mazpoetu - 27 Desember 2012

kedupak…

eh kedua

3. Wong Jowo Kowek - 1 Juli 2013

kalo yang sampean tulis adalah “geblek” yang enak dimakan…kalo yang satu ini umpatan je….”gebleq lu……”….piye jal?….(weleh-weleh…salam seko cah wetan progo)

4. ryan ukies - 29 September 2013

kemecerrrrrrr

5. MazPed - 28 Mei 2014

Reblogged this on BLOG KPDJ.


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 330 pengikut lainnya.