DIY Bikin Sendiri Mini Cree U3

image

Seperti janji saya kemarin…
Kita akan sedikit ber-experimen lampu lagi.
Bagaimana cara bikin Cree U3 versi mini.

Kok mini..???

Dari dimensinya suangat kueciL mazbroo…
Diameter casing Projienya hanya 3,5 cm…
Di pasaran biasa disebut fish eye.
Tapi meski kecil… pancaran sinarnya TOP bingit lho….

Mari langzung zaja kita bantai..
Siapkan alat dan bahannya….

image

Siapin casingnya mazberooo…
Ini sebenernya casing mini Projie buat strobo.
Di pasaran harganya cuman 65ribuan sepasang.
Rangkaian strobonya buang aja… karna kita cm butuh casingnya.

image

Siapkan juga Cree 10 watt…
Harga lumayan mahal.. sebiji 70 ribuan…

image

Lalu siapkan juga driver Cree’nya…
Harga 30 ribuan.
Ada beberapa jenis ya driver Cree ini.
Ada yg 3 Ampere, 2 Ampere, 2,7 Ampere, ada yg 3 mode, 1 mode dll.
Pilih sesuai kebutuhan zaja.

image

Seting Cree ke dalam casing..
Beri tanda titik untuk nanti kemudian di bor untuk dipasang baut sebagai pemegang Cree.
Gunakan mata bor 2,5 mm.

image

Setelah dibor… lubang kita tap untuk dibikin drat.
Gunakan tap 3mm.

image

Setelah selesai…
Lumasi casing dengan pasta…. dikit aja.
Fungsi pasta ini untuk membantu pelepasan panas dari badan Cree ke casing pendingin.

image

Baut Cree ke Casing…
Sambung juga kabel drivernya.

image

Silahkan jika mau menambahkan Led Fleksible sebagai Demon Eyes…

image

Pasang lensanya dan langsung di choba…

image

Gimana mazberooooo….. jozzzz to…

image

Ini posisi DE menyili…

image

Sekarang coba sinarnya….

image

KechiL kechiL menchichiL kie sinare….
Dussssss tenan…. 😀

Woada hyang kefengend…..?????

Advertisements

27 komentar pada “DIY Bikin Sendiri Mini Cree U3”

  1. Kang saya masih ribet sendiri kalau mau coba praktekin dari artikel ke motor sendiri hihihi….

    mungkin mazped bisa coba bahas dari teori dasar kelistrikan ? biar tau teori seperti apa kalau mau bikin rangkaian sesuai sumber listrik masing masing. di aplikasikan ilmu LED nya mazped ke lampu rumah bisa nihhh. makasih

    1. Beda mas…
      Kalo lampu rumah itu karakternya downlight…
      Penerangan merata di setiap sudut ruang.
      Kalo buat motor lebih ke spotlight… mengutamakan sinar fokus di satu titik.
      Untuk lampu downlight dan spotlight itu dah beda jenis Led’nya.

  2. saya udah pernah pake ini om tpi salah satu lensa gk fokus mlh nyebar akhirnya cuma q pake lensanya saja klo caaingnya q pake jalu stamg variasi trus pendinginnya pake uang koin tumpuk 3
    om klo driver U2 beli dimana ya soalnya q pake ramgkaian ic 780* doble 2 kurang maksimal ato mungkin smpyan bisa ngasih gbaran buat rangkaian yg 2ampere

  3. ku wis nyoba om, enggo casing sing tebelan, trus enggo drivere ojo enggo sing model bulet, soale iku enggo senter. ono sing jual model kotak, isa hi-lo, enggo jalan 2 jam awan-awan, ora panas n meleleh

Gak Komen Gak Popo...