Pasang LED COB MC11L di Supra X125

led supra4

Assalamualaikum….

Sebelumnya crew MAZPED.COM mengucapkan “minal aidzin wal faidzin” ya…. Mohon maaf lahir bathin bila mana ada postingan, komentar dari kami atau apapun yg kurang berkenan dihati pembaca semua… semoga dihari kemenangan ini kita semua kembali fitri…

Amin…

Alhamdulillah ya… kini crew mazped mencoba rilis postingan lagi setelah sekian lama vakum karna sesuatu hal… buka toko online.. sibuk mudik dan mumet experimen hal-hal baru.

 

Langsung aja… kita bahas racun lagi…

Kali ini saya mau bercerita mengenai keluhan babeh saya yg dikampung… owner Supra X125 karbu yang sering mengeluh aki tekor dan imbasnya tentu pada instrumen dan kelistrikan yang gak normal.

Kronologinya…. nih motor ceritanya jarang dipake.. jadi wajar kalo aki jadi tekor karna pemakaian arus aki jadi lebih besar daripada pengisian…

Enam bulan yang lalu sudah saya oprek di ubah jadi fullwave tanpa gulung ulang sepul.. hasilnya tetep tekor karna sebagian besar arus aki termakan di lampu utama yang masih menggunakan bohlam biasa 2x 18 watt.

Berhubung waktu saya sangat terbatas untuk ngoprek lebih jauh ni motor, akhirnya… untuk mengakali kendala diatas saya coba mengaplikasikan headlamp LED… biar gak tekor lagi..

 

Dulu pernah ya kita bahas mengenai pemasangan lampu LED Cree type M11C dari RTD di Supra X… meski hasilnya bagus.. namun kekurangannya satu.. yaitu tidak bisa jauh dekat..

Nah.. sekarang udah ada type lain.. merk dari RTD juga yg bekerja sama dgn CR7…

Namanya M11L..

led mc11 supra

Speknya :

  • Led type COB
  • Daya yang tertera dalam kemasan 8 watt
  • Konsumsi daya 9 – 30 V DC ( full wave )
  • Hi Low ( jauh dekat )

led m11L

Pemasangan tinggal PNP ya.. fitting sama dengan bohlam konvensional ( H6 )

led supra7

Setelah dipasang dan dinyalakan… hasilnya seperti ini masbro…. terang banget..

led supra8

Silau men….

Ternyata ada beberapa masalah setelah terpasang… apa aja….?

Pertama.. silau…

Sinar dari lednya tembus dan nyorot keluar..

Kalo dibiarin… kita bisa di balang sendal ama rider lawan arah… mending kalo sendal masbro.. kalo di balang ban serep… hadeh…

Kendala kedua.. lampu jauh dan dekatnya terbalik.. jadi ketika saklar pada posisi lampu dekat.. yang nyala lampu jauh.. juga sebaliknya…

Ya gak masalah sih… cuman jadi kagok aja.. apalagi kalo nih motor di pinjem orang… bisa bikin bingung juga..

Kendala ketiga… karna Led ini type DC ( fullwave ) maka indikator lampu jauh ketika posisi high beam tidak akan menyala..

Solusinya gimana….. mari kita simak dibawah..

Untuk mengakali silau… kita gak mungkin menggunakan metode topi seperti yang diaplikasikan pada type Cree M11C terdahulu karna type M11L ini mengandalkan reflektor orinya.

Jadi triknya kita menutup mika headlamp sebelah atas untuk menghalau sinar yang menuju ke atas… modal skotlet hitam atau yg paling murmer ya pake solasi item aja masbro.. yang penting rapi.. maka tetep enak dipandang..

Beda cerita kalo ditutup pake daon pisang… ente bisa diketawain orang masbro… wekawekaweka…

Contoh pengaplikasian solasi buat mengatasi silau… bisa dicontek seperti gambar dibawah..

led supra6

Solusi untuk masalah kedua yaitu mengenai posisi High Low yang kebalik.. kita tinggal menukar kabel High Low yang berada pada soket saja..

Tukarkan posisi kabel putih dan biru pada soket Headlampnya… seperti pada gambar dibawah..

soket HL supra

Nah… setelah semua beres.. kita rakit kembali..

Hasilnya bisa dilihat di bawah….

led supra5

Hehehe…. lumayan.. yang penting safety.. gak bikin silau lawan arah masbro…

led supra3

Sinarnya gimana…???

Setelah nunggu hari gelap.. dan di coba..

Hasilnya keren masbro…

Sinarnya bagus.. fokus.. dan lumayan terang.

Sinar aslinya berwarna putih 5500-6000 Kelvin… tapi karna casing Led berwarna emas.. jadi kalo di lihat agak kekuning-kuningan gitu deh…

Berikut gambaran sinarnya… nyobanya di kebon.. maklum dikampung gan… jarang ada aspal.. hehehe..

Lampu dekatnya melebar… 2 lampu jatuhnya berdampingan.. sedang lampu jauhnya agak menyempit seolah 2 lampu menyatu jadi satu.

low beam

high beam

Maaf untuk foto hasil sinarnya cuman pake HP jadul jadi kurang maximal…

Tapi hasil real sinarnya kalo liat langsung.. gak mengecewakan kok… jauh lebih terang dan fokus daripada bohlam standar.

Sayangnya… untuk setingan standar.. lampu terkesan agak menunduk.. kurang jauh posisinya.. jadi setelan adjuster headlamp harus di atur pada posisi tertinggi agar mendapatkan posisi sinar yang proporsional..

Headlamp supra

Nah… terakhir.. untuk urusan harga bervariasi ya… sekitar 70ribuan per pcs… beda toko beda harga..

Ini khusus untuk fullwave atau semi fullwave ya…  untuk type halfwave / supra standar yg belum di apa-apain… nanti akan saya coba menggunakan driver..

Led supra1

Semoga kepengen…

Wassalamu alaikum…

Advertisements

21 komentar pada “Pasang LED COB MC11L di Supra X125”

  1. Kalau ane tak kasih dioda untuk lampu jauh, karena sistem lampu jauh dekatnya bergantian, hasilnya ketika pake lampu jauh, lampu dekat juga nyala, jadi sinarnya lebih luas dan lebar

  2. Mas, coba dong speedometer all new cbr150r dibikin negatif. Belum ada nih yg ngisengin speedonya. Soalnya kan full digital dan full fitur. Thanks

  3. Lampu LED itu klu bikinan sndri silau banget untk lawan arahnya tp klu asli dari dealer nya gak silau sama skali kira2 ap ya penyebabnya……..

      1. Work mas.. sudah saya coba mksh ya..

        Saya pasangnya cukup di tancapkan saja kaki dioda kedalam soket dimmer trus di solasi hitam, jadi gampang buat di bongkar pasang..

  4. Mas, vario 125 ku tak kek’i lampu ngene iki kok kedip” koyok disko yo mas, kedipe suwi gak bar” kadang aku isin dewe, ngono iku knopo yo mas? Suwun

Gak Komen Gak Popo...