Modifikasi Speedo Grand New Avanza

Jpeg
Speedo Grand New Avanza

Assalamu alaikum…

Ngoprek electrical mobil lagi masbro… Sekarang giliran spido Grand New Avanza yang minta di oprek… Spido bawaan sebenernya udah bagus masbro… cuman…. Kalo pas malem kok terasa silau ya dimata… bikin mata cepet capek…  Untuk itu… kali ini saya mau coba modif sederhana nih spido biar enak dipantau juga gak bikin lelah mata ketika jalan dimalam hari… Konsepnya ringan saja… yaitu merubah layar MID ( LCD ) menjadi negatif dan menutup sebagian papan skala dengan skotlet transparan… Mudah-mudahan dengan 2 langkah ini.. bisa menjadi solusi masalah diatas..

Lanjut…..!!!!

Pertama kita musti melepas dulu unit speedonya dari dasbor ya… Urut-urutannya silahkan simak gambar dibawah…

lepas spido avanza lepas spido avanza2lepas spido avanza3lepas spido avanza4lepas soket spido avanza

Nah… setelah spido terlepas… lanjut bongkar spidonya… Yang di lepas sisi atasnya saja… yaitu bagian mika penutup, papan panel dan LCD..

bongkar spido avanzalepas jarumlepas papan panellepas LCDlepas LCDnya

Lakukan dengan “extra hati-hati” ya…. terutama pas nyabut jarum gan nyabut LCDnya… Selanjutnya… kita garap LCDnya dulu yak… Dengan dibuat negatif… otomatis pendaran cahaya dari LCD akan berkurang drastis… selain itu… informasi yang ditampilkan MID akan lebih jelas dan kontras… Lepas lapisan polarizernya menggunakan cutter dengan hati-hati..

lepas lapisan MID

Setelah terlepas… bersihkan sisa lem yang menempel dengan cara di urut pake jempol… Gak perlu ngundang tukang urut gan… kerjain sendiri gampang kok…. wkwkwkwkwk…

lepas polarizernya

Untuk hasil maximal…. sebaiknya ganti lapisan polarizer dengan yang baru. Lapisan polarizer jarang di jumpai di toko ya masbro…. adapun ukurannya besar.. Kalo yang eceran biasanya dijual 5000-7500 per cm perseginya… Yang bingung nyari part ini.. bisa hubungi saya…. wekekekekekek…

Lanjut…..!!!!

seting polarizer

Seting polarizer baru… sudut polarizer terhadap LCD sangat berpengaruh terhadap warna background yg dihasilkan. Silahkan seting warna sesuai selera… bisa biru langit.. biru tua…ungu.. coklat.. krem dll.

Bila warna background sudah sesuai dengan keinginan… tandai sisi pojoknya dengan spidol… lalu potong dengan cutter.

potong sesuai ukuran

Tinggal masangnya masbro…. Ingat… faktor kebersihan amat penting disini. Yang biasa pasang anti gores HP… gak akan sulit memasang lapisan polarizer ini.. karna triknya sama…

pasang polarizer baru pasang polarizer baru.

Urusan polarizer kelar… Lanjut motongin skotlet masbro…. Potong kecil-kecil untuk menutupi mika skala yang ada di sisi atas angka kecepatan dan tachometer… karna bagian ini yang bikin silau. Untuk skotlet… warna sesuai selera saja yak…

potong kecil-kecil skotlet pasang skotlet

Sayang untuk versi fullnya lupa gak kefoto.. Dah kelar masangin skotlet… lanjut dirakit ulang… hati-hati ya… mengingat part spidometer mobil itu mahal dan susah nyari sekenannya… Hasilnya gimana…??? Monggo di simak saja…..

spido avanza std2
Sebelum….

 

speedo avanza
Sesudah….

spido gn avanza modifMID negatif gn avanzatacho gn avanzaspido gn avanza modifilasi Lumayan keren masbro….. Semoga kepengen… Wassalamu alaikum….  

Advertisements

8 komentar pada “Modifikasi Speedo Grand New Avanza”

  1. ini yang punya artikel orangnya sombong banget, sobongnya ngelebihin firaun, sok kaya orang penting komunikasi aja mesti pake aturan, orang PE’A ( inget bro gak semua orang lu pikir jahat, gimana tu orang kalo bener bener baek, perbanyak igstifar dan perbanyak positif thingking sama orang

    1. Maaf jika kurang berkenan..
      Saya hanya meminta menuliskan identitas diri saja kalau mau konsultasi.. biar ada tanggung jawabnya.. biar kenal siapa anda..
      Hanya itu saja…

      Jika gak mau menyertakan identitas lalu tidak saya respon… ya maaf saja gan…
      Bukan berarti sombong…

      Yang penting jaga bicaranya…

      Orang lain tentu bisa menilai anda seperti apa kalau bahasa anda seperti itu..

      Trimakasih sudah mampir 🙂

Gak Komen Gak Popo...